Mobil Bekas Murah 20 Juta

July 27, 2011

Betulkah leasing tidak pernah rugi ?


Mobil Bekas Murah 10 sampai 20 Jutaan

Betulkah leasing tidak pernah rugi, Agung Ngurah Car
Wiraniaga    : Kredit saja pak, DP ringan, sisa uangnya bisa diputar lagi buat modal usaha
Agung          : Iya sih tapi bunganya khan mahal  ?
Wiraniaga    : Saya kasih special rate buat bapak, Oke ?
Agung          : ... ^#$@*(??")&%^ ... saya tanya dulu sama istri dirumah, Thks ya

Bunganya ringan, resiko konsumen menunggak pembayaran, aset hilang digondol maling tapi leasing tidak pernah rugi, betulkah ?

Usaha apapun pasti punya resiko, termasuk finance/leasing. Khusus leasing resikonya sangat kecil dan keuntungannya sangatlah besar. Cukup layak mereka dapat return  yang tingg karena dia bermain dengan uang yang sangat banyak dan tingkat kepastian usaha yang selalu naik dan turun.

Keuntungan dari leasing :
  1. Bunga pinjaman kendaraan. Ini adalah sumber pendapatan utama dari leasing
  2. BPKB Mobil . Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor yang sudah diserahkan oleh pihak showroom bisa dijaminkan kepada pihak ketiga, sehingganya dapat tambahan dana segar
  3. Asuransi mobil. Asuransi kendaraan tentunya ada diskon khusus buat leasing karena sudah bekerja sama dengan mereka, terkadang malah leasing, asuransi dan showroom merupakan grup yang sama, seperti Astra Mobil (showroom), Garda Oto (asuransi) dan ACC (Leasing), sehingganya untungnya (makin) terlihat jelas
  4. Aset kendaraan. Bila konsumen tidak sanggup melanjutkan angsurannya karena berbagai alasan, pihak leasing bisa melelang kendaraan tersebut dengan harga pasar artinya tidak merugi
Tapi itu semua bukan tanpa resiko. Coba dilihat beberapa resikonya :
  1. Aset mobil hilang. Apalagi baru diawal pembayaran kredit. Belum mendapatkan keuntungan dari bunga, tapi sudah mesti mengganti aset yang hilang tersebut, tetapi tetap bida diminimalisir karena yang mengganti adalah pihak asuransi.
  2. Konsumen kabur, sehingga pendapatan bunga jadi berkurang dengan sedikit tambahan biaya mengurus ke kantor polisi serta dept collector dana masih bisa kembali (rasio 50%).
  3. Angunan Hilang. Bisa saja ini terjadi pada BPKB ganda pada mobil/motor CBU atau used car, dimana dana sudah dikeluarkan tapi agunan BPKB ternyata diangunkan pada leasing lain disaat yang bersamaan. Pada saat diproses di kepolisian BPKB menjadi barang bukti .... ribet lah pokoknya, kalau yang ini sangat menyita waktu dan biaya.

Makanya sekarang orang yang punya dana besar, berlomba2 untuk ekspansi bisnisnya finance ini. Coba lihat astra grup (Astra Rent a Car, ACC, Astra Motor, Asuransi Astra Buana), Indomobil Grup (Indomobil R2 dan R4, Indomobil Finance Indonesia), Mitsubishi Grup (KTB, Dipo Star Finace) dan lain-lain karena memang ternyata bisnis leasing ternyata memang tidak pernah rugi Cobalah usaha ini. Semoga anda seorang pemodal besar.

Amien ... Sukses buat semua


Busana Kartun Anak Murah

Artikel Terkait