Mobil Bekas Murah 20 Juta

June 26, 2011

Sistem pengereman pada mobil

5 # 9 Semoga bermanfaat

Pengamanan utama pada sebuah kendaraan yang sedang melaju adalah rem. Sistem pengereman pada mobil adalah sebuah rangkaian alat pengaman yang mampu mengurangi kecapatan/menghentikan kendaraan yang sedang melaju dalam kecepatan pelan, sedang ataupun kencang pada jarak yang dekat.

Rem digunakan saat terjadi hambatan ditengah jalan baik itu lampu lalu lintas, orang menyeberang jalan, melewati belokan dan saat parkir sekalipun. Apabila pedal rem di tekan minyak rem yang terdapat dalam master silinder langsung memenuhi kesetiap roda yang ada dan langsung menggerakkan sepatu rem untuk menjepit piringan rem/tromol untuk menghentikan laju kendaraan dengan seketika.

Rem terbagi atas rem tromol dan rem cakram. Rem tromol titik pengeremannya tidak sebaik rem cakram karena saat pengereman terjadi panas yang dihasilkan tromol  berakibat  kurang stabilnya sistem pengereman, karenanya rem jenis ini umumnya digunakan pada roda bagian belakang pada mobil niaga yang tidak (terlalu) membutuhkan titik pengereman yang tepat.

Rem cakram terjadi gerakan dari kedua kanvas rem untuk menjepin piringan yang berputar dari kedua sisi, dikarenakan harganya yang cukup mahal untuk mobil rakitan lokal (CKD) menggunakan kombinasi rem cakram pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang. Untuk mobil sport pastinya rem cakram sudah dicangkokan di keempat rodanya.

Sehebat penguasa F1 sekalipun, Michael schumakeer kalau rem blong juga urusannya rumah juga. Selalu periksa kelengkapan keamanan kendaraan anda saat berpergian khususnya rem

Artikel Terkait