Mobil Bekas Murah 20 Juta

May 16, 2011

Sistem kemudi dan suspensi mobil

Mobil Bekas Murah 10 sampai 20 Jutaan


4 # 9 Semoga bermanfaat

Sistem  Kemudi dan suspensi mobil merupakan Lanjut dari topik kopling, transmisi dan differensial topik ke 4. Sebuah sistem yang digunakan untuk mengendalikan kendaraan apabila bergerak kearah kiri, kanan, maju dan mundur.  Komponen utama pada sistem kemudi disebut steering gear box. Saat ini yang paling sering digunakan model Steering Gear Box adalah model Rack and Pinion.

Ada beberapa kelebihan tipe sistem kemudi rack and pinion adalah disamping perbaikan dan perawatan yang lebih mudah juga arah pergerakan roda bisa lebih tajam dibelokkan kearah kiri dan kanan.

Untuk jenis sistem kemudi terbagi 2 pula yaitu manual steering (power hand) atau tanpa menggunakan alat bantu dan power steering (menggunakan alat bantu)

Suspensi merupakan sebuah pegas yang berfungsi sebagai penyangga bodi kendaraan serta meredam kejutan yang terjadi disaat kendaraan melewati jalan dengan konstruksi kurang baik, seperti berlubang, berlumpur atau bebatuan.

Kendaraan niaga lebih menekankan fungsi suspensi pada kekuatan menahan beban yang diangkut, sebaliknya untuk kendaraan passenger (keluarga) lebih menekankan kearah kenyamanan. Oleh karena itu pemasangan suspensi dibagian roda depan dan roda belakang harus memperhatikan aspek kuat menahan beban, nyaman saat dikendaraai, stabil pada berbagai tingkat kecepatan dan nyaman saat membelokan kendaraan.

Model suspensi ada 2 buah

Rigid Axle tipe yaitu : Poros roda merupakan poros tunggal, cocok untuk kendaraan niaga

Independent tipe merupakan : suspensi ini tidak merupakan poros  tunggal, melainkan roda kiri dan roda kanan dapat bekerja sendiri-sendiri, ini lebih cocok untuk kendaraan pribadi

Untuk suspensi independent terbagi dua :
·         MacPherson tipe
·         Wishbone tipe

Supaya suspensi awet dan tahan lama dibantu oleh pegas / per yaitu per daun (leaf spring) dan per keong (coil spring) dibantu oleh shock absorber supaya bisa meminimalisir goncangan yang terjadi disuspensi sampai keruang kabin.

Next 5 # 9 ... tunggu akan segera tayang



Busana Kartun Anak Murah

Artikel Terkait

5 komentar:

  1. waah, belajar sebelum punya mobil :D

    ReplyDelete
  2. wah info yg mantap, belajar kemudi disini memang ok...

    ReplyDelete
  3. saya jadi teringat masa-masa sekolah dulu, karena saya dulu pernah mempelajari tentang otomotif yang berkaitan dengan motor, tapi udah lupa semuanya, namun dengan adanya artikel saudara saya jadi bisa mengingatnya lagi, terimakasih sahabat.

    ReplyDelete
  4. @ Ladida Cafe : Thks
    @ Mbak AnisaAyu : Iya mbak
    @ Bersama Dakwah Islam : semoga bermanfaat
    @ AreaPanas : Thks sudah mampir sobat

    ReplyDelete