Lanjut dari topik kopling, transmisi dan differensial sekarang masuk ke topik ke 4. Sistem Kemudi merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengendalikan kendaraan apabila bergerak kearah kiri, kanan, maju dan mundur. Komponen utama pada sistem kemudi disebut steering gear box. Saat ini yang paling sering digunakan model Steering Gear Box adalah model Rack and Pinion.
Ada beberapa kelebihan tipe sistem kemudi rack and pinion adalah disamping perbaikan dan perawatan yang lebih mudah juga arah pergerakan roda bisa lebih tajam dibelokkan kearah kiri dan kanan.
Untuk jenis sistem kemudi terbagi 2 pula yaitu manual steering (power hand) atau tanpa menggunakan alat bantu dan power steering (menggunakan alat bantu)
Suspensi merupakan sebuah pegas yang berfungsi sebagai penyangga bodi kendaraan serta meredam kejutan yang terjadi disaat kendaraan melewati jalan dengan konstruksi kurang baik, seperti berlubang, berlumpur atau bebatuan.
Kendaraan niaga lebih menekankan fungsi suspensi pada kekuatan menahan beban yang diangkut, sebaliknya untuk kendaraan passenger (keluarga) lebih menekankan kearah kenyamanan. Oleh karena itu pemasangan suspensi dibagian roda depan dan roda belakang harus memperhatikan aspek kuat menahan beban, nyaman saat dikendaraai, stabil pada berbagai tingkat kecepatan dan nyaman saat membelokan kendaraan.
Model suspensi ada 2 buah
Rigid Axle tipe yaitu : Poros roda merupakan poros tunggal, cocok untuk kendaraan niaga
Independent tipe merupakan : suspensi ini tidak merupakan poros tunggal, melainkan roda kiri dan roda kanan dapat bekerja sendiri-sendiri, ini lebih cocok untuk kendaraan pribadi
Untuk suspense independent terbagi dua :
· MacPherson tipe
· Wishbone tipe
Supaya suspensi awet dan tahan lama dibantu oleh pegas / per yaitu per daun (leaf spring) dan per keong (coil spring) dibantu oleh shock absorber supaya bisa meminimalisir goncangan yang terjadi disuspensi sampai keruang kabin.
Semoga sistem kemudi dan suspensi pada mobil ini bermanfaat untuk pemahaman dasar-dasar otomotif
Note : Gambar by google
Semoga sistem kemudi dan suspensi pada mobil ini bermanfaat untuk pemahaman dasar-dasar otomotif
Note : Gambar by google