Mobil Bekas Murah 20 Juta

February 12, 2015

Perbaikan Mobil Pasca Terendam Banjir


Mobil Bekas Murah 10 sampai 20 Jutaan

Perbaikan Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Ngurah Car
Ada beberapa tahap dan bagian penting dalam memperbaiki dan membersihkan mobil pasca banjir hingga terendam lumpur. Berikut 15 bagian mobil yang perlu diperhatikan saat dan usai perbaikan serta pembersihan pasca banjir

Body Mobil Terendam Banjir
Perbaikan Bodi Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Bodi Mobil Pasca Terendam Banjir
Pertama adalah bagian eksterior atau body. Jika hanya terendam banjir maupun lumpur bagian ini akan mudah untuk dibersihkan. Tapi apabila mobil sudah terendam banjir dan terbawa arus tentu akan ada beberapa kerusakan.

Body penyok, kaca jendela pecah bahkan hingga sistem kaki-kaki mobil rusak. Jika hal ini terjadi perbaikan akan memerlukan waktu sekitar 1 minggu atau lebih, tergantung dari kerusakan.

Lampu Mobil
Perbaikan Lampu Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Lampu Mobil Pasca Terendam Banjir
Selanjutnya yang harus dicek dan dibersihkan adalah lampu-lampu utama mobil. Setelah terendam banjir biasanya headlamp, lampu rem akan ikut terisi air bahkan lumpur. Setelah itu juga periksa sistem kelistrikan lampu.

Rem Mobil
Perbaikan Rem Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Rem Mobil Pasca Terendam Banjir
Sistem rem juga harus dicek, apalagi pada mobil yang masih menggunakan sistem rem tromol. Karena dapat dipastikan endapan lumpur dan kotoran akan semakin banyak. 
Perbaikan Suspensi Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Suspensi Mobil Pasca Terendam Banjir
Ruang Mesin Mobil
Perbaikan Ruang Mesin Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Ruang Mesin Mobil Pasca Terendam Banjir
Suspensi mobil biasa sudah memiliki karet penutup atau pelindung debu. Tapi saat terendam banjir apalagi berlumpur tentu bagian ini akan menjadi kotor dan akan membuat kinerja suspensi tidak maksimal. 
Perbaikan Saringan Udara Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Saringan udara Mobil Pasca Terendam Banjir
Saluran Udara / Intake
Perbaikan Sarinag Udara Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Saringan Udara Mobil Pasca Terendam Banjir
Bagian yang sedikit agak susah untuk melakukan proses pembersihan pasca banjir adalah ruang mesin. Ada banyak celah di antara ruang mesin ini, dan tidak semuanya yang bisa dengan mudah disemprot dengan air. Bahkan di bengkel akan melakukan beberapa pembongkaran.

Knalpot Mobil
Perbaikan Knalpot Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Knalpot Mobil Pasca Terendam Banjir
Pasca terendam banjir bahkan lumpur filter udara harus diganti baru jangan hanya sekedar dibersihkan saja. Mungkin ada beberapa bengkel atau pemilik mobil ingin cara murah, filter udara hanya sekedar dibersihkan dan dikeringkan saja. 

Kipas / Blower
Perbaikan Kipas Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Kipas Mobil Pasca Terendam Banjir
Jika filter udara basah tentu yang selanjutnya harus dibongkar adalah intake (saluran masuk). Cukup bongkar, cuci dan keringkan saja. Tapi termasuk port mengarah ke ruang bakar serta klepnya.

Box Eccu / Sekering
Perbaikan Sekering Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Box eccu dan sekring Mobil Pasca Terendam Banjir
Saluran pembuangan atau sistem knalpot juga harus dibongkar total. Proses pembersihan juga terbilang agak sulit apalagi lumpur masuk ke dalam katalisator knalpot. Proses kerja hingga pengeringan bisa memakan paling tidak 1 harian .

Alternator
Perbaikan Alternator  Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Alternator Mobil Pasca Terendam Banjir
Proses pembersihan selanjutnya adalah pada radiator beserta kipas pendingin. Untuk kipas pendingin sebaiknya dilepas dan dibersihkan terpisah. Sedang untuk radiatornya bisa disemprot dengan air hingga bersih.

Interior
Perbaikan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir
Bagian penting yang harus segera dibersihkan dan di cek adalah kotak sikring serta ECU mobil. Rata-rata kotak ini juga berada di ruang mesin tapi ada beberapa mobil yang menempatkan di dalam dashboard.

Jika masih bisa dibersihkan dan dipergunakan tentu Anda beruntung. Jika ECU rusak makan biaya ECU baru bisa mencapai puluhan juta tergantung tipe dan jenis mobilnya.

Interior
Perbaikan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir
Bagian yang juga harus segera mendapat perhatian penting adalah altenator serta dinamo mobil. Proses pembersihan bagian ini juga cukup sulit dan tak jarang bengkel akan menyarankan untuk mengganti jika dirasa terlalu parah dan sulit untuk dibersihkan. 


Perbaikan Interior  Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Interior Mobil Pasca Terendam Banjir
Jika bagian jantung pacu sudah aman dan bersih, selanjutnya bagian paling sulit untuk dibersihkan. Interior mobil yang terendam banjir bahkan lumpur akan memerlukan waktu lama untuk membersihkan dan memperbaikinya.

Yang pertama dibersihkan dan dibongkar adalah panel-panel pada pintu serta membersihkan karet-karet pelindung. Amankan panel dan komponen listrik seperti motor power window dan bersihkan tersendiri, mengingat bagian ini memang bermusuhan dengan air.


Bagasi dan laci
Perbaikan Bagasi dan Laci Mobil Pasca Terendam Banjir, Agung Car
Perbaikan Bagasi dan Laci Mobil Pasca Terendam Banjir
Kemudian bagasi dan setiap laci penyimpanan dalam mobil juga harus dibongkar dan dibersihkan. Bagian ini yang salah satu paling mudah untuk membersihkan. Tapi harus diperhatikan surat-surat penting kendaraan yang biasa orang simpan dalam laci mobil. 



Proses paling susah pada interior adalah pembersihan komponen dan panel yang berada di dashboard. Bengkel harus secara keseluruhan membongkar bagian ini. Audio dan sistem saluran AC juga harus dibersihkan. Mobil yang terendam banjir plus lumpur bisa jadi audio susah untuk dibersihkan.
Sistem AC harus dibersihkan jika perlu filter AC diganti. Proses tersulit dan perlu hati-hati adalah saat membongkar bagian yang memiliki sistem airbag. Proses ini sebaiknya diserahkan pada teknisi khusus agar sistem keselamatan mobil bisa kembali normal.
Terakhir perhatikan kondisi  kabel dan kelistrikan jangan ada yang masih basah karena bisa menyebabkan korsleting listrik
Demikianlah ada 16 item yang perlu perbaikan mobil pasca terendam banjir. Semoga membantu apalagi siklus 5 tahunan banjir jakarta datang tahun 2013 ini. Semoga mobil anda tidak ikut terendam. Salam Agung Car 
Sumber : http://www.modifikasi.com/showthread.php/489443-Ini-Bagian-bagian-Mobil-Perlu-Dibersihkan-Pasca-Terendam-Banjir 


Busana Kartun Anak Murah

Artikel Terkait