Mobil Bekas Murah 20 Juta

October 04, 2012

Cara menghitung harga mobil bekas

Mobil Bekas Murah 10 sampai 20 Jutaan

Cara menghitung harga mobil bekas, agung car
Banyak faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas dipasaran akan tetapi ada perhitungan standar yang kita bisa lakukan untuk mengetahui gambaran umum dari sebuah mobil yang aka kita beli atau kita jual kepada pihak lain

Harga mobil pasti menurun, Penyusutan nilai kendaraan pada tahun pertama sebesar 20%, tahun kedua 10% dan tahun ke III 10%. Contoh harga Mobil Suzuki ertiga type GX tahun 2012 170 juta. Saat dijual pada setelah kendaraan dipakai satu tahun  sekitar 136 juta (berkurang 20% dari harga beli), 122 juta (menyusut 10% lagi) dan 110 juta(terjadi penurunan harga mobil pada tahun ketiga 10% lagi). Ini baru gambaran kasarnya. 

Akan tetapi banyak beberapa faktor lagi yang turut mempengaruhi harga bentukan pasar yang terjadi, sehingga untuk mengetahui cara menghitung pasaran mobil bekas menjadi lebih mendekati pada harga realnya, diantaranya sebagai berikut :

- Faktor indent kendaraan baru juga jadi pendorong naiknya nilai jual mobil bekas, karena lamanya proses tunggu membuat para pemilik/penjual mobil bekas bisa menjaga harga terbaik karena (masih) tinggi animo pencinta mobil type tersebut, sebutlah duet maut XeniAvanza, terkadang saat beli 2 tahun yang lalu dan saat mau dijual sekarang harganya tidak ada perubahan walau secara nilai / value uang memang ada penyusutan

- Kondisi kendaraan bekas anda dan pemakaian kendaraan bekas tersebut, bila kondisinya bekas proyek pertambangan / perkebunan yang notabene mobil bekas tersebut  bekerja "ekstra keras", body baret-baret, bonyok sana sini, kaki-kaki sudah mulai aus serta cat yang cenderung kusam plus mengkarat membuat nilainya lebih turun dari rata-rata mobil bekas lainnya walau sejenis tapi lebih terawat. Bisa dilihat pada Daihatsu Taft Rocky atau Taft GT yg main dikebun karet dan kebun batu bara dengan yang main dikota besar walau dengan tahun yang sama nilai jualnya pastilah beda. 

- Kelengkapan dokumen pendukung seperti Faktur, STNK dan BPKB (duplikat atau bukan) serta buku KIR dan Ijin Trayek pada kendaraan niaga

- Cepat atau lamanya si mobil berulang tahun, alias pajak kendaraan masih lama untuk diperpanjang lagi atau sudah mau dekat waktunya. Semakin dekat waktunya sulit mendongkrak harga bisa lebih tinggi, terkecuali negosiasi pinjaman KTP untuk perpanjang STNK satu kali (note : harap diperhatikan pengenaan pajak progresif)

- Kelanjutan seri kendaraan yang dijual ATPM, kendaraan yang kontiniu membuat kelanjutan tersedianya model yang lebih update dan ketersediaan spare part dengan kwalitas baik, sedang dan lokal. Kalau kendaraan discontinue / tidak dilanjutkan  pasokan spare part kurang mendukung untuk menjaga kestabilan harga jual mobil dipasaran, seperti terjadi pada beberapa produk General Motor di Indonesia saat digempur model jepang pada tahun 90-an
- Terakhir faktor kompetitor. Setinggi apaun anda menawarkan hitungan mobil bekas anda jika kompetitor anda jauh lebih murah, mobil bekas murah dibawah 50 juta pun belum tentu dilirik oleh konsumen anda.

Sekarang kita coba bagimana cara menghitung harga mobil bekas yang kita miliki. Contoh diatas Mobil Suzuki ertiga GX tahun 2012 ada beberapa faktor positif yang mempengaruhi saat dijual tahun 2013 berdasarkan 6 point diatas sebagai berikut : 
  1. Kondisi awal 2013 sampai posting ini dibuat (Okt 2012) pemesanan mobil baru masih indent sekitar 2-3 bulan untuk wilayah Jabodetabek
  2. Kondisi mobil bekas anda siap pakai dan pasti baik, baru berusia 1 tahun pakai.
  3. Kondisi BPKB dan STNK masih oke donk, masih baru dan tangan pertama
  4. Relatif masih baru, baru bayar pajak pertama, jadi ulang tahun masih lama
  5. Model mobil bekas anda masih berlanjut
  6. Pesaing anda menjual mobil bekas pasti mengikuti trend poin 1 sampai poin 5 diatas
Jika mengacu pada rumus cara menghitung harga mobil bekas, di kurangi 20% setelah mobil dipakai 1 tahun, namun jika poin 1 sampai dengan 6 diatas terpenuhi semua bukan tidak mungkin nilai jual mobil bekas anda menjadi lebih tinggi dari pasaran. 

Jika kita ambil contoh paragraf kedua diatas Mobil bekas Murah Suzuki ertiga GX tahun 2012 dikurangi penyusutan 20% harga menjadi 136 jt. Komponen 1 sd 6 diatas bisa terpenuhi harga pasaran menjadi naik menjadi bisa 140 juta begitu pula sebaliknya poin 1 sd 6 tidak tersedia dengan baik, harganya bisa merosot menjadi 130 juta.

Ada faktor lain yang menentukan cara menghitung harga mobil bekas yang tidak bisa dinilai linear seperti kebijakan pemerintah menaikkan BBM atau kebijakan fiskal menaikkan pajak mobil mewah dan sebagainya. Namun cara itu tidak merubah bahwa harga mobil bekas murah tetap bisa dihitung dengan cara-cara yang masuk akal pula.

Kalau yang membeli mobil anda adalah pedagang mobil bekas mereka akan menawar semurah-murahnya mobil anda, karena orientasi keuntungan semata. Namun jika pembelinya adalah pemakai kendaraan langsung anda pastikan bisa dijual dengan harga yang memuaskan.

Pastinya sekarang anda sudah bisa menghitung berapa harga yang pantas untuk mobil bekas murah anda pastinya dengan best prize. Selamat ya. Semoga penyajian cara menghitung harga mobil bekas bermanfaat buat pembaca setia Agung Car



Busana Kartun Anak Murah

Artikel Terkait