November 17, 2012

Politik indent mobil baru

Tingginya minat pada mobil baru membuat pemesanan sebuah model kendaraan dengan type tertentu  mesti melalui daftar tunggu. Disini banyak permainan dan kongkalingkong yang terjadi, disatu sisi bisa menguntungkan konsumen namun disini lainnya para team penjual juga menangguk untung yang mengiurkan. Apa saja medus dalam politik indent mobil baru dan bagaimana menyiasatinya ?

Indent adalah sebuah proses daftar tunggu untuk mendapatkan kendaraan baru sesuai urutan kapasitas produksi yang tersedia, saat model baru diluncurkan ke publik otomotif biasanya animo otomotif mania sangat tinggi dan belum sebanding dengan kapasitas produksi saat itu. 

Masing-masing merek khususnya yang sudah punya nama menerapkan sistem waiting list ini. Disamping bisa menghemat biaya dari sisi produksi yang sebagian ditanggung oleh konsumen dengan penerapan nilai booking fee yang cukup, serta bisa melihat diferensiasi trends model baru serta perbandingan dengan kompetitor yang sepadan. 

Kita ambil contoh Honda new CRV, Mitsubishi outlander, Nissan X-trail dan suzuki Grand Vitara 2,4 setara dalam harga dan konsep SUV. Ada beberpa faktor yang mempengaruhi calon konsumen untuk indent mobil baru

  1. Fanatik pada suatu merk tertentu, bisa jadi walaupun lama masa tunggu tetap pilihan pada merk tersebut
  2. Kebutuhan akan waktu, misalnya menjelang hari raya, lebaran, natal, tahun baru bahkan hari kelahiran orang yang disayangi. Indent mesti tepat waktu agar mobil baru saat delivery sesuai dengan jadwal yang ada
  3. Gengsi dan aktualisasi diri, pada tahap ini jika mendapatkan lebih dulu dari tetangga, rekan kerja atau dalam komunitas tertentu bisa menjadikan nilai lebih tinggi
Umumnya karena 3 hal diatas yang membuat rasionalitas dalam mendapatkan mobil baru menjadi sangat tidak rasional bahkan calon konsumen bisa merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan sesuai spesifikasi yang dikehendaki serta dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
Pada taraf inilah prinsip simbiosis mutualisma / saling menguntungkan terjadi, showroom ingin meningkatkan profitnya dengan kondisi daftar tunggu yang sangat banyak, si konsumen dengan ego yang tinggi ingin dapat  lebih dahulu dari konsumen lainnya.

Ada beberapa tips menghindari politik indent mobil baru, sebagai berikut :
  • Hukum pasar permintaan tinggi dan penawaran yang kuran memang membuat sistem indent ini tidak bisa dihindari, pastikan saat anda  memesan kendaraan cantumkan pada surat pesanan kapan estimasi pengiriman kendaraan anda
  • Pastikan juga apabila jika dafar tunggu mempengaruhi harga beli, biasanya ada tulisan "Harga tidak mengikat, dan sewaktu-waktu bisa berubah"
  • Supaya pesanan anda tidak diserobot pihak lain, perlu dilihat daftar tunggu yang buat oleh showroom dan menanyakan secara berkala kepada pihak wiraniga / sales yang bersangkutan
Sederhananya hukum pasar memang sudah terbentuk, jika kita dihadapkan pada pilihan diatas mungkin kita juga akan berlaku irrasional semperti mereka, namun tujuan tulisan ini supaya  kita tidak terjebak terlalu dalam dapam sebuah politik indent mobil baru. Semoga bisa bermanfaat khususnya untuk calon konsumen

4 comments:

  1. beli motor saja saya kredit kapan punya mobilny ya heheheh

    ReplyDelete
  2. @Sunaryo tok : Hasil besar selalu berawal dari mimpi yang lebih besar lagi

    ReplyDelete
  3. Pengen juga sih beli mobil, tapi belum punya uang hehehe...

    ReplyDelete
  4. @Dapah blog : yang penting apa politik yang dimainkan disana sudah tahu khan sobat ? Thks sudah mampir dan komentar membangunnya

    ReplyDelete