March 21, 2011

Konstruksi dasar mobil

Konstruksi dasar mobil, Agung Ngurah Car
Tulisan 1 # 9 tulisan (semoga bermafaat)

Konstruksi dasar mobil melanjutkan dari basic otomotif terdiri dari chasis dan bodi. Chasis merupakan mekanisme yang memungkinkan sebuah kendaraan bisa berjalan sedangkan bodi adalah bagian kendaraan yang berguna untuk menempatkan orang/barang.

Bagian bodi terdiri dari 3 komponen utama yaitu : mesin, ruang penumpang dan bagasi. Kali ini akan dijelaskan hal utama dari sebuah mesin. Berdasarkan bahan bakar mesin dibagi atas mesin gasoline (berbahan bakar bensin) dan mesin diesel (berbahan bakar diesel) akan tetapi bila digolongkan dengan bentuk dasarnya mesin dibagi atas 3 yaitu :
  1. Mesin segaris : mesin yang (paling) sederhana, karena seluruh silindernya dibuat segaris lurus vertikal
  2. Mesin bentuk V : silinder dibuat dalam 2 garis yang menyerupai huruf "V". Keuntungan type V adalah mesin jadi lebih ringkas (pendek) dan lebih ringan
  3. Mesin mendatar : Silinder dibuat ddalam dua garis yang berlawanan. Keuntungannya jadi (sangat) pendek dan ringan tetapi sekarang sudah (jarang) dikembangkan lagi karena tenaga yang dihasilkan tidak maksimal
 Perlengkapan pendukung utama pada sebuah mesin :
  • Sistem bahan bakar (tangki bahan bakar, saringan, pompa bahan bakar dan karburator)
  • Sistem pengapian (koil, kabel, distributor dan busi)
  • Sistem pelumas (minyak pelumas, carter dan pompa)
  • Sistem pendinginan (radiator, pompa, air, kipas dan selang)
  • Sistem kelistrikan (baterai, alternator dan regulator)
Berikutnya setelah konstruksi dasar mobil adalah  Spesifikasi mesin

4 comments:

  1. cuma bisa numpang aja, ga tau sama sekali tentang rangkanya, hehee

    benar2 menambah info ttg salah satu bagian mobil yg sangat penting ini :)

    thanks infonya kawan.

    ReplyDelete
  2. @ Ladida Cafe : Ternyata berat juga bangun sebuat blog Niche sob. Thks 4 visit :)

    ReplyDelete
  3. @ Ipanrock : sambil BW sambil komeng. thks sobat

    ReplyDelete